Rabu, 19 Februari 2014

KELENTENG CIBINONG, KAB.BOGOR


  Kebudayaan tionghoa saat datangnya tahun baru imlek di anggap sebagai hari libur besar untuk orang tionghoa selalu mendatangi kelenteng untuk melakukan sembayang dalam tradisi kebudayaan tionghoa. kebudayan tionghoa juga selain sembayang mereka pun membagikan angpao kepada masing-masing keluarganya dan para kerabatnya masing-masing. kepercayaan tradisional hanyalah sebagian kecil dari kebudayaan tionhoa itu sendiri, namun kepercayaan tradisional yang terbentuk dari kebudayaan leluhur masyarakat tionghoa sejak zaman prasejarah kemudian menjadi salah satu tulang punggung transformasi kebudayaan tionghoa selama ribuan tahun dalam sejarahnya. jadi dapat di katakan kepercayaan tradisional ini munculdari kebudayaan dan merupakan bagian darinya dan dalam perkembangannya juga mempengaruhi bentuk kebudayan dan segala transformasinya. 
Dan ada tradisi lain nya saat tahun baru imlek yaitu lilin yang artinya penerangan, minyak dan lampu artinya sama. kebudayaan tionghoa pun saat sembayang dengan membakar kertas-kertas kata kebudayaan tionghoa sendiri pun untuk bekal atau untuk akhirat nantinya bagi kepercayaan tionghoa sendiri. dan bermacem-macem buah yang di pajang di kelenteng atau untuk sesajen tionghoa sendiri pun. macem-macem buah pun terdapat arti yang berbeda-berbeda dalam kehidupan kita ada manis ada pahit ada aja cecok seperti keluarga dalam kehidupan tionghoa.
barongsai juga salah satu adat kebudayaan tionghoa saat acara tahun baru imlek yang sering di mainkan dengan dua orang. dalam melakukan pemainan barongsai di butuhkan kejelian ketangkasan yang tentunya di dapat dari hasil latihan yang rutin serta tanggap dan mengenal medan atau arena tempat bermain dalam perkembangan sekarang ini barongsai sudah banyak jenis pemainnya yang di padukan dengan kesenian atau beladiri wushu dan menjadikan gera-gerakan yang di lakukan menjadi indah dan serasi dengan musik terdengar dari alat musik barongsai. itupun sebenarnya keserasian pemain juga di dapat dari hasil latihan yang serius dan disiplin yang tinggi serta penggenalan budaya tionghoa




Tidak ada komentar:

Posting Komentar